Kemuhammadiyahan (Kelas 3) : Makna Lambang Muhammadiyah dan 'Aisyiyah




KEMUHAMADIYAHAN
A.    Makna Lambang Muhammadiyah
Pada bab sebelumnya kita sudah mempelajari tentang lambing Muhammadiyah yaitu matahari bersinar 12 ditengah adanya tulisan arab berbunyi Muhammadiyah, yang melingkar di bagian atas kalimat syahadar ashadu alla ilaaha illalloh, dan dibagian bawah kalimat syahadat ashadu anna muhammadarrasulullah. Warna dasar hijau daun, dan seluruh sinar dan tulisan dengan warna putih.
Makna lambing Muhammadiyah:
ü  Warna dasar hijau: kedamaian dan kesejahteraan
ü  Sinar putih: kesucian hidup
ü  Matahari: sumber kekuatan alam semesta yang selalu menerangi seluruh lapisan masyarakat
ü  12 sinar matahari: tekat semangat seperti kaum Hawariyyun (12 penigkut setia Nabi Isa)
ü  2 kalimat syahadat: Muhammadiyah berdasar tauhid (mengesakan Allah)

B.     Sikap Mencontoh Nilai-Nilai dalam Lambang Muhammadiyah
ü  Warna dasar hijau: kedamaian dan kesejahteraan.
Maksudnya, menunjukan cita-cita dan tujuan Muhammadiyah yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera adil dan makmur serta di ridhoi Allah. Perilaku sehari-hari selalu menjaga perdamaian dan memberi manfaat pada orang lain.
ü  Gambar tengah: matahari bersinar 12
Maknanya: selalu menerangi seluruh lapisan masyarakat. Sinar 12 melambangkan tekat dan semangat Muhammadiyah dalam menyiarkan ajaran islam ditengah-tengah masyarakat Indonesia, seperti tekat dan semangat sahabat Nabi Isa as yang berjumlah 12 orang. Warna putih melambangkan kesucian dank e ikhlasan. Sikap yang tepat sesuai warna putih yaitu selalu suci hati, pikiran, dan perbuatan. Tidak mudah berburuk sangka dan punya niatan buruk pada teman.
ü  Ditengah lingkaran tertulis Muhammadiyah dengan warna hijau
Maksudnya Muhammadiyah diharapkan terus menyinari seluruh alam semesta. Dengan sinar putih menyinarkan kesegaran hidup. Sikap yang dapat diambil yaitu selalu bersemangat dan mempunyai motivasi hidup yang tinggi, sehingga bisa menyinari lingkungan sekitar. Dengan berpedoman bahwa sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat bagi sekitarnya.
خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

ü  Tulisan melingkar: syahadatain diatas dan dibawah tulisan Muhammadiyah
Maksudnya Muhammadiyah selalu berusaha menegakan tauhid dan mengikuti sunah Nabi Muhammad Saw. Dengan dasar 2 kalimat syahadat tersebut Muhammadiyah berusaha mewujudkan masyarakat adil makmur serta bangsa yang Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.
Sikap yang bisa diambil yaitu selalu taat dan patuh pada perintah Allah dan tidak suka dengan hal-hal syirik, tahayul, bid’ah, dan khurafat.
C.    Makna Lambang ‘Aisyiyah
Lambang ‘Aisyiyah dengan lambing Muhammadiyah yaitu matahari bersinar 12. Perbedaannya pada tulisan ditengahnya yaitu tulisan arab ‘Aisyiyah. Ditengahnya ada tulisan arab berbunyi Muhammadiyah, yang dilingkari dibagian atas berupa kalimat syahadat asyhadu alla ilaha illallah,  dan dibawah kalimat syahadat asyhadu anna muhammadarrasulullah. Warna dasar hijau daun, dan seluruh sinar dengan warna putih.
Makna lambing ‘Aisyiyah :
ü  Warna dasar hijau: kedamaian dan kesejahteraan
ü  Matahari: selalu menerangi seluruh lapisan masyarakat
ü  Sinar 12: tekat semangat seperti kaum Hawariyyun (12 pengikut setia Nabi Isa)
ü  Sinar putih: kesucian hidup
ü  Dua syahadat: Muhammadiyah berdasarkan kalimat tauhid
ü  Tulisan ‘Aisyiyah: agar bisa menjadi generasi wanita penerus istri Nabi Muhammad Saw yaitu ‘Aisyiyah r.a

3 Komentar

  1. Bagus kak 👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍

    BalasHapus