Alquran (Kelas 3) : Surat Al Qari'ah




ALQURAN



Surat Al Qari’ah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
 الْقَارِعَةُ ﴿١﴾ مَا الْقَارِعَةُ ﴿٢﴾ وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ ﴿٣﴾ يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ ﴿٤﴾ وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنفُوشِ ﴿٥﴾ فَأَمَّا مَن ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ ﴿٦﴾ فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَّاضِيَةٍ ﴿٧﴾ وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ ﴿٨﴾ فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ ﴿٩﴾ وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ ﴿١٠﴾ نَارٌ حَامِيَةٌ ﴿١١
Artinya :
001. Hari Kiamat,
002. apakah hari Kiamat itu?
003. Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?
004. Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran,
005. dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.
006. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan) nya,
007. maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan.
008. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya,
009. maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.
010. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?
011. (Yaitu) api yang sangat panas.

Isi Kandungan Surat Al Qari’ah
Al Qari’ah artinya peristiwa dahsyat, yang dimaksud adalah hari kiamat yang datang secara tiba-tiba dan mengejutkan karena tanpa ada pemberitahuan. Pada surat Al Qari’ah digambarkan kejadian hari kiamat yang penuh dengan kehancuran luar biasa yang akan menimpa seluruh alam semesta. Peristiwa tersebut diantaranya gempa bumi yang sangat kuat, gunung-gunung meletus dengan menghamburkan bebatuan dan segala sesuatu di dalamnya,planet-planet, bintang-bintang dan benda-benda di angkasa saling bertabrakan yang sangat mengerikan. Hari itu dinamakan pula hari akhir, yaitu hari kehancuran seluruh alam raya.
Hari kiamat juga disebut Yaumul mizan atau hari penimbangan amal. Orang-orang yang berat timbangan amal kebaikannya akan menjadi penghuni surga jannatun na’im tempat segala kenikmatan. Tetapi sebaliknya apabila berat timbangan kejelekannya maka ia harus menerima balasan dengan ditempatkan oleh Allah di neraka Hawiyah, yaitu neraka yang sangat panas dibandingkan dengan api dunia, panasnya mencapai 70 kali lipatnya.

0 Komentar